DEDIK HARIYANTO
110511427022 (A1)

KECERDASAN MAJEMUK
Howard Gardner. Jasmine (2007: 5) menjelaskan bahwa “Teori tentang Kecerdasan Majemuk (KM) adalah salah satu perkembangan paling penting dan paling menjanjikan dalam pendidikan dewasa ini”.
Kecerdasan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan sukses gagalnya
peserta didik belajar di sekolah. Profesor Gardner yang telah menemukan teori kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences, bahwa ada banyak kecerdasan yang dimiliki setiap orang. 
Frame of Mind (1983) menjelaskan ada delapan macam [sekarang sembilan], yaitu:
1.Kecerdasan Bahasa (Linguistic Intelligence)
Shearer (2004: 4) menjelaskan bahwa “Ciri utama dari kecerdasan bahasa meliputi kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif dalam membaca, menulis, dan berbicara.
2. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence)
Shearer (2004 : 4) menjelaskan bahwa “Kecerdasan musikal meliputi kepekaan terhadap tangga nada, irama, dan warna bunyi (kualitas suara) serta aspek emosional akan bunyi yang berhubungan dengan bagian fungsional dari apresiasi musik, bernyanyi, dan memainkan alat musik”.
3. Kecerdasan Logika-Matematika (Logical-Mathematical Intelligence)
Shearer (2004: 4) menyatakan bahwa “Kecerdasan logika-matematika meliputi keterampilan berhitung juga berpikir logis dan keterampilan pemecahan masalah”.
4. Kecerdasan Visual-Spasial (Visual-Spatial Intelligence)
Kecerdasan ini meliputi kemampuan-kemampuan untuk merepresentasikan dunia melalui gambaran-gambaran mental dan ungkapan artistik (Shearer, 2004).
5. Kecerdasan Kinestetik-Tubuh (Bodily-Kinesthetic Intelligence)
Shearer (2004: 5) menjelaskan bahwa “Kecerdasan kinestetik menyoroti kemampuan untuk menggunakan seluruh badan (atau bagian dari badan) dalam membedakan berbagai cara baik untuk ekspresi gerak (tarian, akting) maupun aktivitas bertujuan (atletik)”.
6. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence)
Shearer (2004: 6) menjelaskan bahwa “Fungsi penting dari kecerdasan intrapersonal ialah meliputi penilaian-diri yang akurat, penentuan tujuan, memahami-diri atau instropeksi, dan mengatur emosi diri.
7. Kecerdasan Interpesonal (Interpersonal Intelligence)
Shearer (2004: 6) menyatakan bahwa “Kecerdasan interpersonal mendorong keberhasilan seseorang dalam mengatur hubungan antar individu. Dua keterampilan pokok itu merupakan kemampuan untuk mengenali dan menerima perbedaan antar individu dan kemampuan untuk mengenali emosi, suasana hati, perspektif, dan motivasi orang”.
8. Kecerdasan Naturalis (Naturalist Intelligence)
Shearer (2004: 6) menjelaskan bahwa “Orang yang menonjol dalam kecerdasan naturalis menunjukkan rasa empati, pengenalan, dan pemahaman tentang kehidupan dan alam (tanaman, hewan, geologi)”.
Pertanyaan:
1.      Menurut anda apa definisi kecerdasan majemuk itu?
2.      Kecerdasan bahasa apakah bisa dilihat dari kecakapan berbahasa yang efektif saja?
3.      Jelaskan tentang Kecerdasan Visual-Spasial beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari!
4.      Uraikan secara singkat dan jelas mengenai Kecerdasan Interpesonal menurut anda, sebutkan contohnya!
5.      Dari macam-macam kecerdasan di atas, manakah yang paling penting untuk kita kuasai?jelaskan!
6.      Apakah ada cara untuk  mendapatkan kecerdasan yang sempurna, berikan contohnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar