DEDIK
HARIYANTO
110511427022
(A1)
KECERDASAN
MAJEMUK
Howard Gardner. Jasmine (2007: 5) menjelaskan bahwa “Teori
tentang Kecerdasan Majemuk (KM) adalah salah satu perkembangan paling penting
dan paling menjanjikan dalam pendidikan dewasa ini”.
Kecerdasan merupakan salah satu faktor utama yang
menentukan sukses gagalnya
peserta didik belajar di sekolah. Profesor Gardner yang telah menemukan teori kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences, bahwa ada banyak kecerdasan yang dimiliki setiap orang.
peserta didik belajar di sekolah. Profesor Gardner yang telah menemukan teori kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences, bahwa ada banyak kecerdasan yang dimiliki setiap orang.
Frame of Mind (1983) menjelaskan ada delapan macam [sekarang
sembilan], yaitu:
1.Kecerdasan Bahasa (Linguistic Intelligence)
Shearer (2004: 4) menjelaskan bahwa “Ciri utama dari
kecerdasan bahasa meliputi kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif dalam
membaca, menulis, dan berbicara.
2. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence)
Shearer (2004 : 4) menjelaskan bahwa “Kecerdasan musikal
meliputi kepekaan terhadap tangga nada, irama, dan warna bunyi (kualitas suara)
serta aspek emosional akan bunyi yang berhubungan dengan bagian fungsional dari
apresiasi musik, bernyanyi, dan memainkan alat musik”.
3. Kecerdasan Logika-Matematika
(Logical-Mathematical Intelligence)
Shearer (2004: 4) menyatakan bahwa “Kecerdasan
logika-matematika meliputi keterampilan berhitung juga berpikir logis dan
keterampilan pemecahan masalah”.
4. Kecerdasan Visual-Spasial (Visual-Spatial
Intelligence)
Kecerdasan ini meliputi kemampuan-kemampuan untuk
merepresentasikan dunia melalui gambaran-gambaran mental dan ungkapan artistik
(Shearer, 2004).
5. Kecerdasan Kinestetik-Tubuh
(Bodily-Kinesthetic Intelligence)
Shearer (2004: 5) menjelaskan bahwa “Kecerdasan kinestetik
menyoroti kemampuan untuk menggunakan seluruh badan (atau bagian dari badan)
dalam membedakan berbagai cara baik untuk ekspresi gerak (tarian, akting)
maupun aktivitas bertujuan (atletik)”.
6. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal
Intelligence)
Shearer (2004: 6) menjelaskan bahwa “Fungsi penting dari
kecerdasan intrapersonal ialah meliputi penilaian-diri yang akurat, penentuan tujuan,
memahami-diri atau instropeksi, dan mengatur emosi diri”.
7. Kecerdasan Interpesonal (Interpersonal
Intelligence)
Shearer (2004: 6) menyatakan bahwa “Kecerdasan interpersonal
mendorong keberhasilan seseorang dalam mengatur hubungan antar individu. Dua
keterampilan pokok itu merupakan kemampuan untuk mengenali dan menerima
perbedaan antar individu dan kemampuan untuk mengenali emosi, suasana hati,
perspektif, dan motivasi orang”.
8. Kecerdasan Naturalis (Naturalist Intelligence)
Shearer (2004: 6) menjelaskan bahwa “Orang yang menonjol
dalam kecerdasan naturalis menunjukkan rasa empati, pengenalan, dan pemahaman
tentang kehidupan dan alam (tanaman, hewan, geologi)”.
Pertanyaan:
1.
Menurut anda apa definisi kecerdasan majemuk itu?
2.
Kecerdasan bahasa apakah bisa dilihat dari kecakapan
berbahasa yang efektif saja?
3.
Jelaskan tentang Kecerdasan Visual-Spasial
beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari!
4.
Uraikan secara singkat dan jelas mengenai Kecerdasan
Interpesonal menurut anda, sebutkan contohnya!
5.
Dari macam-macam kecerdasan di atas, manakah yang
paling penting untuk kita kuasai?jelaskan!
6.
Apakah ada cara untuk
mendapatkan kecerdasan yang sempurna, berikan contohnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar